Upaya Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Mental Melalui Peer Group Education Di SMK Unggulan Al-Qodiri 1 Jember
Main Article Content
Abstract
Proses transisi dari anak ke dewasa dan tahap perkembangan yang penting dalam kehidupan disebut dengan masa remaja, Pembekalan tentang pengetahuan mengenai Kesehatan mental harus diberikan pada tahap ini. karena pada massa remaja adalah sebuah masa dimana remaja berada pada fase yang sangat rentang terhadap stress yang jika tidak diberikan intervensi maka dapat menyebabkan terjadinya gangguan jiwa, Teman sebaya (peer group) memiliki peranan penting dalam proses pemberian informasi tentang kesehatan mental remaja. Setelah mendapatkan Pendidikan Kesehatan mental melalui peer group education, diharapkan pengetahuan kesehatan mental remaja di karang taruna akan meningkat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan programdan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pre-review adalah cukup, skor post-review adalah baik. Hasil tes sebelum dan sesudah tes keduanya menunjukkan peningkatan pengetahuan kesehatan mental remaja. Melalui kegiatan program ini, generasi muda memperoleh pengetahuan, dapat mencegah masalah kesehatan mental dalam rangka meningkatkan kesehatan mental Di SMK Unggulan Al-Qodiri 1 Kabupaten Jember