Terapi Reminisens Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Stikes Bhakti Al-Qodiri

Main Article Content

Abdul Aziz Azari

Abstract

Motivasi belajar mahasiswa adalah keadaan psikologis yang mendorong mereka untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil yang diinginkan dalam pendidikan mereka. Motivasi belajar yang tinggi pada mahasiswa sangat penting untuk mencapai keberhasilan akademik dan pengembangan pribadi. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu tindakan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, salah satunya adalah dengan terapi reminisens. Terapi ini adalah suatu terapi yang dilakukan dengan cara mengenang atau mengingat Kembali kejadian atau hal yang menyenangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa sehingga mengalami peningkatan dalam prestasi akademik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode penyuluhan dengan memberikan terapi reminisens kemudian mengukur perbedaan tingkat motivasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah dilakukan terapi reminisens. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Stikes Bhakti Al-Qodiri Jember dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang yang dipilih secara random. Pengukuran hasil motivasi belajar dengan cara membandingkan motivasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan terapi reminisens. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah dilakukan terapi reminisens

Article Details

Section
Articles