HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN LANSIA MELAKUKAN KONTROL KESEHATAN DI POSYANDU LANSIA DI DESA AFDELING SUMBERBARU KECAMATAN KALIBARU KABUPATEN BANYUWANGI

  • Fika Indah Prasetya STIKES Bhakti Al-Qodiri
Keywords: Dukungan keluarga, Kepatuhan lansia, Posyandu

Abstract

Dukungan keluarga adalah informasi verbal, sasaran, bantuan yang nyata atau tingkah laku yang di berikan oleh orang orang yang akrab dengan subjek di dalam lingkungan sosialnya atau yang berupa kehadiran dan hal yang dapat memberikan keuntungan emosional atau pengaruh pada tingkah laku penerimanya. Lansia adalah individu yang berada dalam tahapan usia late adlthood atau yang di maksud dengan tahapan usia dewasa akhir.

Tujuan penelitian ini menganalisis Hubungan Keluarga Dengan Kepatuhan Lansia Melakukan Kontrol Kesehatan di Posyandu lansia di Desa Afdeling Sumberbaru Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.

Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 40 yang memenuhi kriteria, instrumen pada penelitian ini menggunakan koesioner dan observasi.

Hasil analisa univariat menunjukkan sebagian besar responden memiliki dukungan keluarga baik sebanyak 8 (20.0%) dan responden yang patuh sebanyak 24 (60.0%). Analisa bivariat dengan menggunakan Contingency Coefficient didapatkan hasil (p-value) 0.000. Nilai p-value lebih kecil dari 0.05 (0.000 a < 0.05), yang artinya ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan lansia melakuan kontrol kesehatan di posyandu lansia. Kesimpulan Ada Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Lansia Melakukan Konrol Kesehatan di Posyandu Lansia Di Desa Afdeling Sumberbaru Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.

Dukungan keluarga juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan lansia melakukan kontrol kesehatan di posyandu lansia di Desa Afdeling Sumberbaru, hal ini di karenakan keluarga dapat menentukan keyakinan, nilai kesehatan serta menentukan program pengobatan bagi lansia yang sakit.

Published
2019-04-15