FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BBLR DI KABUPATEN JEMBER

  • PUTRI RIZKIYAH SALAM
Keywords: BBLR, status gizi ibu, riwayat ANC, dukungan suami

Abstract

Background: BBLR merupakan suatu kondisi dimana bayi yang lahir mempunyai berat yang rendah dan kurang dari normal. Banyak sekali factor yang menyebabkan terjadinya BBLR, factor tersebut bisa berasal dari kondisi bayi itu sendiri namun juga bisa terjadi karena factor dari ibu.

Method: Penelitian ini menggunakan jenis korelasional dengan pedeketan secara Cros-Sectional untuk mendeskripsikan factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian BBLR. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.

Result: Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa ada hubungan status gizi ibu dengan kejadian BBLR (berat badan lahir rendah) sebesar 0,00, terdapat hubungan antara kunjungan ANC (antenatal care) dengan kejadian BBLR (berat badan lahir rendah) sebesar 0,00 dan terdapat hubungan antara dukungan suami dengan kejadian BBLR (berat badan lahir rendah) sebesar 0,04.

Conclusion: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi ibu, riwayat kunjungan ANC (antenatal care) dan dukungan suami dengan kejadian BBLR (berat badan lahir rendah).

Published
2021-09-01