HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN PERAN KELUARGA DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS ARJASA

  • ANDRIYA SYAHRIYATUL MASRIFAH
Keywords: imunisasi dasar, peran keluarga

Abstract

Latar belakang: Imunisasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang timbul. Dengan adanya imunisasi, diharapkan mampu menekankan terjadinya penyakit. Namun dalam pelaksanaanny, imunisasi dasar masih kurang efektif pelaksanaannya.

Metode: Penelitian adalah penelitian cross sectional dengan teknik cluster random sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 46 ibu yang berada di wilayah kerja Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember.

Hasil: Hasil studi menunjukkan bahwa adanya hubungan pengetahuan ibu dan peran keluarga dengan status imunisasi dasar bayi.

Kesimpulan: Pengetahuan seorang ibu dari anak dan komponen peran keluarga mempunyai keterkaitan yang penting dalam menciptakan peningkatan kehadiran ibu dalam membawa anaknya ke posyandu untuk melakukan imunisasi dasar. Sehingga, pengetahuan ibu tentang imunisasi dan peran keluarga dalam melakukan dukungan terhadap seluruh kegiatan imunisasi dasar sangat diperlukan guna tercapainya cakupan imunisasi dasar.

Published
2021-09-01