FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KUALITAS HIDUP CAREGIVERS PADA INDIVIDU SINDROM DOWN : LITERATURE REVIEW

  • SUHARTA
Keywords: Kualitas Hidup Pengasuh, Sindrom Down, Kualitas Hidup, Caregivers.

Abstract

Mengasuh individu dengan Sindrom Down (SD) dengan banyaknya keterlambatan dan kecacatan baik secara mental maupun fisik menjadikan orang tua atau pengasuh (caregivers) cenderung mengalami beban yang lebih tinggi, dimana secara langsung bepengaruh pada kualitas hidup mereka sebagai caregivers.

Tujuan: mengetahui faktor yang berpengaruh pada kualitas hidup caregivers individu dengan SD.

Desain: literature review.

Metode: Pencarian artikel pada database jurnal yang relevan termasuk Scopus (n=27), Science Direct (n=141), dan Google Scholar (n=170) dengan menggunakan kombinasi pencarian:“quality of life and “cargiversorkualitas hidup” and pengasuh “ or ”orang tua” or “pendamping“ and “sindrom down” . Peneliti meninjau (n=10)  artikel dari (n=338) artikel yang diidentifikasi.

Hasil: lima jurnal menyebutkan faktor dukungan keluarga, dukungan sosial, status ekonomi, kondisi fisik-kesehatan dan penerimaan kepada individu SD adalah faktor yang berpengaruh pada kualtias hidup caregiver

Kesimpulan: Secara garis besar peneliti menemukan lima faktor yang berpengaruh pada kualitas hidup caregivers anak-remaja dengan SD. Penting untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait kualitas hidup individu SD dengan cakupan yang lebih luas dan beragam guna mendapatkan landasan teoritis sebagai dasar untuk perumusan  asuhan keperawatan keluarga dan komunitas.

Published
2020-11-02