HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI SUSUN LOR DESA RAMBI GUNDAM KECAMATAN RAMBI PUJI KABUPATEN JEMBER

  • Eka suryaningtyas STIKES Bhakti Al-Qodiri
Keywords: faktor lingkungan, ISPA

Abstract

Lingkungan adalah kombinasi antra kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, minerl serta flora dan fauna yang tumbuh di Atas tanah maupun lautan, dengan kelembapan yang meliputi ciptaan manusia di sebabkan oleh: (1) faktor demografi, (2) faktor biologis (3) faktor polusi (4) faktor timbulnya penyakit. Pada penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui hubungan faktor Lingkungan dengan kejadian ISPA di dusun Lor desa Rambigundam .Penelitian ini merupakan desain korelasi, untuk menentukan sampel, menggunakan  sampel random sejumlah 31 responden, alat pngukuran data mengunakan lembar observasi yang di lakukan pada tanggal 10 April Di dusun Kerajan Lor desa Rambigundam kecamatan Rambipuji Jember.

Pengolahan data meliputi: editing, coding, entry, scoring, trublating, kemudian data di analisa mengunakan wilcoxson. Hasil dari pengolahan data di peroleh sebagian besar responden mempunyai lingkungan yg cukup baik sebanyak 21 responden (68%), dari Data riwayat ISPA sebagian besar responden pernah mengalami ISPA  sebanyak 22 Responden (71%), maka di peroleh hasil p value: 0,000  a=o,o5 sehinga di simpulkan H1 di terima, artinya adalah hubungan faktor lingkungan dengan kejadian ISPA. Berdasarkan hasil penelitian di harapkan respon dapat menjaga kebersihan lingkungan,  dengan cara menjaga kebersihan lingkungan maka responder akan terhindar Dari penularan ISPA.

Published
2019-04-15