HUBUNGAN PEMBERIAN STIMULASI OLEH IBU DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI DESA PUNDUNGSARI
Abstract
Pendahuluan: Salah satu aspek dari indikator perkembangan anak yang perlu mendapatkan perhatian yaitu perkembangan bahasa anak. pendidik dan orangtua perlu meberikan perhatian lebih terhadap tahap perkembangan bahasa anak. Masalah perkembangan perlu perhatian khusus yaitu perkembangan bahsa semakin yahun mengalmi peningkatan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan pemberian stimulasi oleh ibu dengan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di desa Pundungsari. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Observasional analitik merupakan jenis penelitian yang digunakan, serta desain penelitian menggunakan cross sectional. Penelitian telah dilakukan di Desa Pundungsari pada bulan Agustus tahun 2022. Jumlah populasi sebanyak 46 anak, dengan jumalh sampel sebanyak 46 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan korelasi pearson. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan distribusi pemberian stimulasi oleh ibu pada anak usia 3-4 tahun sebagian besar tidak optimal sebanyak 20 orang (43,5%). Distribusi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun sebagian besar suspek sebanyak 26 anak (56,5%). Hasil analisis menggunakan uji korelasi person menunjukkan nilai p-value 0,007, artinya p-value<α=0,05, yang berarti signifikan. Kesimpulan: ada hubungan pemberian stimulasi oleh ibu dengan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di desa Pundungsari.