HUBUNGAN SIKAP DENGAN MOTIVASI IBU USIA PRODUKTIF PADA PEMILIHAN MENGGUNAKAN KBIUD DI DUSUN SEPUTIH MAYANG KABUPATEN JEMBER

  • Ayu Puteri Nur Perdani
Keywords: Sikap, Motivasi, Ibu usia produktif, IUD

Abstract

Fenomena dimasyarakat cakupan IUD rendah hal ini di karenakan anggapan efek samping yang ditimbulkan oleh KB IUD sangat besar. Efek samping yang ditakutkan masyarakat antara lain lepasnya benang IUD, perdarahan yang lama, serta peradangan pada panggul yang dapat menimbulkan kanker serviks. Berdasarkan studi pendahuluan ibu merasa takut karena AKDR dapat berpindah tempat ketika pemakaian jangka lamadan dapat menyebabkan tumor pada kantung rahim. Maksud daristudi ini yaituuntuk mengetahui adanya hubungan sikap dengan motivasi wanita usia produktif dalam pemilihan penggunaan AKDR.

Desain penelitian yang digunakan yaitucross sectional,jumlah populasi semua ibu usia produktif Desa Seputih Kecamatan Mayang , sebanyak 167 orang, sampling yang digunakan purposive samplingsebanyak 33 orang. Variabel independen sikap ibu usia produktif tentang AKDR, Variabel dependen motivasi ibu usia produktif dalam penggunaan AKDR. Analisa data peneliti menggunakan spearman rank

Hasil pada penelitian sikap ibu usia produktif tentang AKDR sebagian besar adalah negatif sebanyak 17 responden (51,5%), motivasi ibu usia produktif dalam penggunaan AKDR sebagian banyak adalah sedang sejumlah 23 wanita (69,7%), hasil uji H1 diterima/adanya hubungan.

Kesimpulan penelitian terdapat hubungan sikap dan motivasi wanita usia produktif pada pemilihan penggunaan AKDR, oleh karena itu bidan disarankan memberikan KIE pada calon akseptor KB secara kontinue dan lebih memperkenalkan AKDR sebagai kontrasepsi yang efektif dan murah.

 

Kata kunci : Sikap, Motivasi, Ibu usia produktif, IUD

Published
2020-10-31