HUBUNGAN DUKUNGAN KELURGA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 9 TAHUN DI SD ALQODIRI JEMBER

  • Dita Ike Fitria Kuswarini
  • Aldi Febrian Wieminaty
Keywords: dukungan keluarga, kemandirian anak

Abstract

Latar belakang: Ketidak mandirian anak merupakan salah satu contoh kasus yang mempunyai masalah perkembangan kemandirian. Efek ketidak mandirian pada anak dapat menimbulkan kerugian pada anak yaitu anak kepribadian, kemampuan sosialisasi dan keadaan emosionalnya akan terhambat . Oleh karena itu dalam kasus ini peran dan dukungan keluarga sangatlah penting untuk meningkatkan kemandirian ada anak, agar anak bisa mandiri.

Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik korelasi, populasi pada penelitian ini adalah anak yang berusia 9 tahun, tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling, didapatkan sebanyak 45 anak.

Hasil: hasil Uji Wilcoxon, pada correlation menunjukkan nilai signifikansi ρvalue : 0,000 < 0,05 didapatkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Anak Usia 9 Tahun Di SDN Tisnogambar 01 Bangsalsari Jember.

Kesimpulan: dukungan keluarga sangatlah berhubungan terhadap kemandirian anak, keluarga mempunyai pengaruh yang besar untuk memupuk kemadirian anak sejak usia dini, dan dukungan keluarga berkaitan erat dengan kemandirian anak terutama pada usia 9 tahun.

Published
2019-09-26