FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI PAKUSARI JEMBER

  • Achmad Afifl Afton
Keywords: demam berdarah dengue (DBD), tingkat Pendidikan, frekuensi menguras bak mandi, pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Abstract

Background: Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang mana dapat menyebabkan berbagai macam gelaja klinis. Penyebab terjadinya DBD sebagian besar adalah pola hidup masyarakat yang kurang baik sehingga menjadi sarang nyamuk yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit DBD.

Method: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 15 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Result:

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kejadian DBD, terdapat hubungan antara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan juga terdapat hubungan frekuensi menguras bak mandi dengan kejadian DBD.

Conclusion: Pola hidup yang baik mencerminkan kesehatan seseorang. Individu yang menjaga pola hidupnya dengan baik akan terhindar dari DBD karena DBD terjadi pada individu yang kurang bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan baik sehingga dapat menjadi sarang nyamuk penyebab terjadinya DBD.

Published
2019-09-26