FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANSIA

  • ABDUL AZIZ AZARI, MOHAMMAD ILHAM ZURURI
Keywords: lansia, depresi, dukungan keluarga, tingkat kemandirian, kualitas tidur.

Abstract

Background: Lanjut usia merupakan sebuah masa dimana terjadinya penurunan fungsi kesehatan mental. Ketidakmampuan lansia dalam melakukan mekanisme koping yang baik dalam permasalahannya dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah psikososial dalam kehidupan sehari-hari lansia, salah satunya adalah depresi.

Method: Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif dengan pendekatan cros-sectional dimana responden yang diambil sebanyak 100 responden dengan tehnik purposive sampling.

Result: Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan depresi pada lansia sebesar 0,00, terdapat hubungan antara tingkat kemandirian dengan depresi pada lansia sebesar 0,00, dan terdapat hubungan kualitas tidur dan depresi pada lansia sebesar 0,00.

Conclusion: Banyak sekali factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian depresi pada lansia, sehingga perlu dilakukan intervensi kepada lansia untuk mengurangi kejadian depresi, dimana dalam hal tersebut membutuhkan peran dari keluarga maupun tenaga kesehatan.

Published
2021-09-01