EVALUASI KECEMASAN MENJELANG PERSALINAN BAGI IBU HAMIL YANG AKTIF MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL

  • ALDI FEBRIAN WIEMINATY
  • ENDAH SRI UTAMI
Keywords: kelas ibu hamil, kecemasan menjelang persalinan

Abstract

Latar belakang: Kecemasan adalah hal yang wajar yang dirasakan oleh Ibu hamil terutama pada ibu yang baru pertama kali mengandung. Namun perlu diketahui juga bahwa kecemasan yang berlebihan pada ibu hamil akan berdampak pada janin yang akan mengakibatkan meningkatnya resiko BBLR dan kelahiran premature.

Metode: Ppenelitian ini menggunakan korelasi analitik cross sectional, responden diambil sebanyak 24 orang dengan metode total sampling. Uji pada penelitian ini menggunakan spearman rho dengan interval kepercayaan 95%.

Hasil: terdapat 62,5 % ibu yang mengikuti (KIB) kelas ibu hamil secara aktif dan 54,17% mengalami ketidak cemasan dalam menghadapi persalinannya. Hal ini diuji dengan uji spearman rho didapatkan p=0,628 kemudaian nilai ini dikonsltasikan ke dalam tabel dengan menggunakan intervl kepercayan 95%dengan hasil 0,409 dari nilai tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kecemasan menjelang persalinan dengan ibu hamil yang aktif meng-ikuti (KIB )kelas ibu hamil.

Kesimpulan: ibu yang meng-ikuti (KIB) kelas ibu hamil sejak usia kandungan 20 minggu dengan aktif akan mendapatkan pengetahuan seputar kehamilan sampai dengan nifas dan hal ini dapat mengurangi kecemasan ibu saat menjelang persalinan.

Published
2021-09-01