MOTIVASI KELUARGA DALAM PENCEGAHAN COVID -19 (SURVEY PEMBELI DI PASAR PELITA KABUPATEN JEMBER)

  • FIKA INDAH PRASETYA
Keywords: Motivasi Keluarga, Pencegahan Covid-19

Abstract

Background: Munculnya pandemic virus covid-19 yang telah mengguncang selurush aspek kehidupan manusia. Tidak hanya pada pelaku bisnis, politik, ekonomi, pendidikan terutama kesehatan. Aspek kesehatan menjadi sangat penting, karna adanya pandemic covid-19 angka kematian semakin meningkat. Dibutuhkan motivasi yang tinggi akan pentingnya menjaga prilaku pencegahan covid-19. Hasil survey ditemukan banyak masyarakat yang belum melaksanakan protocol kesehatan dengan baik. Khususnya pada masyarakat yang sedang beraktivitas di Pasar untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga.

Method: Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif survey, metode pengambilan sampling menggunakan incidental sampling dan cara pngumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada pengunjung pasar. hasil survey kemudian dilakukan perhitungan prosentase dan dilakukan uji normalitas data.

Result: hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi keluarga dalam pencegahan covid-19 kuat yaitu 54,3%. Namun terdapat motivasi sedang (38,6%)dan lemah (7,1%) yang menguatkan bahwa motivasi dipengaruhi tidak hanya faktor internal melainkan juga external

Conclusion: motivasi keluarga kuat dalam mencegah covid-19 ketika belanja dipasar Pelita Jember

Published
2021-09-01